Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat



Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Kampus STMIK Sinar Nusantara menggelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada tanggal 28 November 2023 di Meeting Room Tiga Serangkat Smart Office. Acara yang dihadiri oleh 36 orang dosen dari berbagai program studi, seperti S1-Informatika, S1-Sistem Informasi, D3-Teknologi Informasi, D3-Sistem Informasi, dan D3-Sistem Informasi Akuntansi ini bertujuan untuk memberikan panduan menyeluruh dalam menyusun proposal yang berkualitas dan memenuhi standar hibah.

Acara dibuka dengan registrasi peserta, Dosen peserta workshop melakukan registrasi untuk mengikuti acara. Pembukaan acara dilakukan dengan penuh semangat oleh MC Ibu Tri Irawati, S.E., M.Si.

Doa pembukaan dilantunkan dengan hikmat oleh Bapak Didik Nugroho, S.Kom, M.Kom untuk memberikan keberkahan dan kelancaran acara.

 Acara dilanjutkan dengan sambutan hangat dan memotivasi para peserta dari Wakil Ketua 1 Bidang Akademik, Bapak Wawan Laksito YS, S.Si., M.Kom, sekaligus membuka acara workshop, yang mewakili Ketua STMIK Sinar Nusantara, Ibu Hj. Eny Rahma Zaenah, S.E., M.M. Selanjutnya, Kepala LPPM, Ibu Yustina Retno WU, M.Cs, memberikan sambutan dengan harapan agar Workshop ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian. Semoga setiap dosen dapat meningkatkan kualitas proposal mereka untuk mendukung penelitian yang berdampak kepada Masyarakat."

Workshop kemudian dilanjutkan dengan materi workshop yang disampaikan oleh Dosen Bapak Dr. Drajat Tri Kartono, M.SI, dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Beberapa poin menarik yang diangkat dalam materi workshop antara lain:

Strategi Penyusunan Proposal: Bapak Drajat membahas strategi penyusunan proposal penelitian dan pengabdian yang dapat meningkatkan peluang mendapatkan hibah dari Kemendikbud Dikti.

Tahapan Pengelolaan Penelitian: Beliau menjelaskan tahapan-tahapan pengelolaan penelitian sesuai dengan Permenritekdikti Nomor 69 Tahun 2016.

Proses Reviewer dan Seleksi Kelayakan Proposal: Pemaparan mengenai proses reviewer proposal dan seleksi kelayakan, termasuk eligibility, kelayakan administrasi, substansi, dan anggaran.

Bidang Fokus Riset Nasional: Peserta diberikan wawasan tentang bidang fokus dan prioritas riset nasional berdasarkan Peraturan Presiden tentang Rencana Induk Riset Nasional tahun 2017 – 2045.

Skema Penelitian 2023 dan Skema BOPTN: Beliau membahas peta skema penelitian tahun 2023 dari riset dasar, terapan, hingga pengembangan, serta skema BOPTN Pengabdian kepada Masyarakat di DRTPM.

Kesalahan Umum dalam Proposal: Bapak Drajat mencatat beberapa kesalahan umum pada proposal, seperti kesalahan dalam sistem, format proposal, penulisan daftar pustaka, dan batasan jumlah kata. Ditemukan satu saja ketidaksesuaian => proposal tidak lolos uji substansi

Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi langsung dengan narasumber.  Penutupan acara dilakukan dengan harapan agar para dosen dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian yang berkualitas.