Expo Karya Mahasiswa & Festival Wirausaha Meriahkan Sinus Faster 2024

Kegiatan rutin Festival Akhir Semester kembali digelar di akhir semester gasal 2023/2024 di STMIK Sinar Nusantara. Bertajuk Sinus Faster 2024, kegiatan ini digelar di kampus setempat pada 19 hingga 24 Februari 2024 dengan menampilkan rangkaian acara seperti expo hasil karya mahasiswa dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), seminar karir, dan expo organisasi mahasiswa.

Sinus Faster 2024 menjadi ajang tampilnya para mahasiswa yang sebelumnya mengikuti program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan Wirausaha Merdeka (WMK) dalam program MBKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI. Para mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti program MSIB dan berkolaborasi dengan mahasiswa dari kampus-kampus lain di seluruh Indonesia dan membuat karya berupa program dan aplikasi berbasis mobile, menampilkan hasil karya mereka dengan mempresentasikan di hadapan mahasiswa STMIK Sinar Nusantara lainnya. Sementara para mahasiswa dalam program WMK menawarkan produk penjualan yang merupakan hasil karya mereka berupa inovasi makanan lokal siap saji.

Wakil Ketua III STMIK Sinar Nusantara, Paulus Harsadi, S.Kom., M.Kom., mengatakan bahwa Sinus Faster 2024 menjadi program untuk memotivasi para adik-adik mahasiswa tentang makna kolaborasi untuk menghasilkan karya-karya terbaik dan mengembangkan potensi diri. “Program MBKM yang diikuti oleh kakak-kakak tingkat ini menjadi program yang sangat baik untuk mengembangkan potensi diri setelah mengikuti pembelajaran di kampus. Adik-adik mahasiswa dapat belajar dari pengalaman kakak-kakak tingkat untuk mengikuti langkah mereka dan memberikan karya yang lebih hebat lagi,” kata Paulus.

Paulus menambahkan Sinus Faster 2024 menjadi ajang apresiasi pada karya-karya mahasiswa yang tidak hanya bersifat akademik, namun juga non akademik, serta menumbuhkan kemampuan soft skill mahasiswa. “Soft skill yang ditempa di dunia kampus dan pengalaman di luar akan memperkuat kepercayaan diri mahasiswa yang akan berkolaborasi di dunia industry nantinya. Kami sangat mengapresiasi hal tersebut sebagai bentuk pengembangan diri mahasiswa,” lanjutnya. 

Sinus Faster 2024 ini menampilkan 20 karya mahasiswa dari Program MSIB dan satu karya mahasiswa dari Program WMK. Dalam program MSIB, para mahasiswa membuat karya dengan kemampuan machine learning, UI/UX design, animation, dan web development. Dalam program WMK, mahasiswa STMIK Sinus membuat inovasi produk makanan bertajuk “Wonton and Chill” yang hingga saat ini masih eksis terjual ke publik.