STMIK SINAR NUSANTARA PROJECT EXPO 2023 PAMERKAN 16 HASIL PROYEK MAHASISWA



Surakarta, 26 November 2023 - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara menyelenggarakan Project Expo 2023 bertempat di kampus setempat pada Senin - Kamis (20-23/11/2023). Acara yang diselenggarakan dalam 4 hari tersebut menjadi ajang menampilkan hasil tugas akhir atau skripsi serta proyek kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa. 

Terdapat 16 proyek karya mahasiswa yang dipresentasikan oleh masing-masing mahasiswa. Proyek tersebut diantaranya aplikasi di bidang kesehatan sepeti Tonic dan NutriPal, Sismaru, RedBus, dan lainnya. Dalam proyek tersebut terdapat salah satu proyek yang menjadi proyek andalan dalam kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM–KC) yang diikuti mahasiwa di tahun ini. PKM–KC sendiri merupakan wahana mahasiswa untuk mengembangkan karya kreatif dan inovatif dalam Ipteks yang mampu menghasilkan suatu sistem, desain, model barang atau prototip yang dapat diterapkan dalam dunia usaha atau masyarakat luas. 

Wakil Ketua Bidang Akademik STMIK Sinar Nusantara, Wawan Laksito, S.Si., M.Kom menjelaskan kegiatan ini sebagai perwujudan empat pilar STMIK, yaitu internasionalisasi, digitalisasi, research institute dan industry collaboration. “Melalui proyek mahasiswa bisa menjawab dan memberikan kebutuhan untuk masyarakat. Proyek yang dibuat juga sebagian mengusung isu di dunia usaha dan industri.”

Tidak hanya pameran, sebagai pembuka acara terdapat sosialisasi tentang perpustakaan digital dimana mahasiswa dapat mengakses buku secara online di PerpusKita.id yang telah menjalin kerjasama dengan STMIK Sinar Nusantara sehingga mahasiswa dapat mengakses melalui pindai QR Code yang tersebar di area kampus. Di hari ketiga terdapat talkshow bertema “Bangkitkan Mimpimu Bersama Program Bangkit” bersama para mahasiswa representative Program Bangkit. Sebagai penutup acara terdapat pengumuman proyek terfavorit yang diambil melalui voting dari para pengunjung Expo. Menempati kategori terfavorit pertama yaitu proyek berjudul “Alat Pendeteksi Kualitas Udara Berbasis Arduino”. (copyright by Humas dan Marcomm STMIK Sinar Nusantara)