MENGEMBANGKAN SENI BERBICARA DALAM WORKSHOP PUBLIC SPEAKING



Public Speaking merupakan proses penyampaian pidato didepan publik dan seni ilmu komunikasi lisan secara efektif dengan melibatkan pendengar (audience). Dalam mengembangkan seni berbicara tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyelenggarakan Workshop Public Speaking yang bertempat pada Sabtu, 4 November 2023 di kampus setempat. Dengan menghadirkan narasumber dari CEO AndalanSkill.com, Workshop ini mengangkat tema “Mengembangkan Keterampilan Public Speaking Bagi Mahasiswa IT”.

Sebanyak 66 Mahasiswa dari BEM, UKM, dan juga Mahasiswa Umum STMIK Sinar Nusantara. Membuka acara Workshop, Pembina Badan Eksekutif Mahasiswa, Bapak Sapto Nugroho, S.T. menekankan bahwa workshop Public Speaking ini nantinya akan sangat membantu mahasiswa dalam mencari maupun menjalani pekerjaan.

Workshop Public Speaking ini menghadirkan satu narasumber yaitu Faiz Abdul Majid yang merupakan CEO AndalanSkill.com dengan dipandu Wildan Thariful Husain sebagai moderator. Dalam materi pertama, Faiz Abdul Majid menyampaikan tentang Seni Berbicara.  Faiz menjelaskan lebih lanjut beberapa cara yang bisa digunakan, yaitu bertanya pada diri sendiri, Build a good impression, Primary effect atau menarik lawan bicara dalam 3 detik lewat kesan pertama, Smile effect atau daya persuasi senyuman, Creating smiles atau belajar membiasakan sebuah senyuman, tidak hanya saat bertemu dengan kebahagiaan.

Pada materi kedua semua peserta ikut serta dalam praktek Public Speaking. Dimulai pembuatan kelompok, perkenalan diri, hingga presentasi tentang sub bab tema yang telah ditentukan. Alifudin Nurhafidzi selaku ketua pelaksana sekaligus merupakan mahasiswa program studi S1 Informatika mengatakan, “harapan untuk kedepannya semoga workshop ini bisa di laksanakan setiap tahun dengan konsep yang bisa lebih di kembangkan sehingga peserta bisa lebih banyak lagi.”(Humas Marcom STMIK Sinar Nusantara Surakarta)