DUKUNG DIGITALISASI DESA, STMIK SINAR NUSANTARA TANDA TANGANI MOU DENGAN TIGA DESA BINAAN


Surakarta, 30 Oktober 2023 – Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Program ini menjadi sarana pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan aktualisasi Dosen dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Program strategis yang dapat dilaksanakan salah satunya membangun kemitraan dengan pemerintah desa melalui Desa Binaan. Program kemitraan ini pun diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara dengan program desa binaan berfokus pada digitalisasi dengan tiga sasaran desa, yaitu Desa Cemani, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo; Desa Janti, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten; dan Desa Sidowayah, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten.

Peresmian kerjasama antara STMIK Sinar Nusantara dengan ketiga pemerintah desa tersebut dilaksanakan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin, 30 Oktober 2023 di kampus setempat.  Dengan mengambil tema “Kerjasama dalam Pengembangan Desa Binaan Berbasis Digital pada Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat”, nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Ketua STMIK Sinar Nusantara, Hj. Eny Rahma Zaenah, S.E., M.M., dengan ketiga pimpinan pemdes, yaitu Pj. Kepala Desa Cemani, Bp. Mardiyanto; Kepala Desa Janti, Bp. Tri Prakoso, S.H.; dan Kepala Desa Sidowayah, Bp. Mujahid Jaryanto, S.H.

Dengan keunggulan STMIK Sinar Nusanatara sebagai kampus berbasis ilmu pengetahun dan teknologi, pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi ini selanjutnya akan diimplementasikan dengan dukungan dosen dan mahasiswa pada pengelolaan desa berbasis digital. Tujuan program kerjasama ini adalah peningkatan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa melalui pengembangan teknologi informasi. Beberapa program yang akan dilaksanakan antara lain pembuatan peta digital UMKM, penyempurnaan website informasi desa, pembuatan aplikasi pengarsipan dokumen, dan pengembangan aplikasi posyandu. (Humas dan Marcomm STMIK Sinar Nusantara)