LOKAKARYA CAPAI RENCANA PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara menyelenggarakan Lokakarya bertempat di kampus setempat pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Sutanto, S.Si., DEA dan Wawan Laksito YS, S.Si., M.Kom lokakarya ini mengangkat tema tentang penerapan Project Based Learning (PjBL) di STMIK Sinar Nusantara.

Sebanyak 26 Dosen yang akan mengampu matakuliah program PjBL menjadi peserta dalam lokakarya. Membuka acara, Wakil Ketua I STMIK Sinar Nusantara, Wawan Laksito YS, S.Si., mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk Dosen sebagai tenaga pendidik agar dapat membangun kompetensi mahasiswa yang lengkap mulai dari aspek pengalaman dan kasus yang real dalam peningkatan soft skill , learning skill dan life skill.

Dr. Sutanto, S.Si., DEA dalam materinya menyampaikan strategi pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa agar memiliki kreativitas berfikir, pemecahan masalah, dan interaksi serta membantu dalam penyelidikan yang mengarah pada penyelesaian masalah-masalah nyata salah satunya adalah Project-Based Learning (PjBL) atau pembelajaran berbasis proyek. Mahasiswa yang mengikuti proses belajar dengan implementasi project-based learning akan yakin dan optimis dapat mengimplementasikan project-based learning dalam dunia kerja serta dapat meningkatkan prestasi akademiknya. Dr. Sutanto, S.Si., DEA mengungkapkan “Abad pengetahuan saat ini, menginginkan paradigma belajar yang berorientasi pada proyek, masalah, penyelidikan (inquiry), penemuan dan penciptaan”.

Pemateri selanjutnya, Wawan Laksito YS, S.Si mengajak peserta lokakarya untuk praktek pembuatan Rencana Pelaksanaan Project (RPP) dan rencana pembelajaran semester. Kelompok dosen dibagi berdasarkan klastering mahasiswa (prodi dan tahun angkatan) untuk kenudian hasil RPP tersebut dapat dikumpulkan dan digunakan sebagai acuan penerapan PjBL. (Humas dan Marcomm STMIK Sinar Nusantara)