SEMINAR KARIER STMIK SINAR NUSANTARA BERSAMA KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN RI


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara menyelenggarakan Seminar Karier bertempat di kampus setempat pada Kamis (19/10). Dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi Soloraya, serta Maxy Academy, seminar ini mengangkat tema “Informasi Pasar Kerja Dalam dan Luar Negeri: Boost Your Skill for the Biggest Career Opportunities”.

Sebanyak 142 mahasiswa dari empat program studi menjadi peserta dalam seminar yang diselenggarakan secara hybrid oleh Pusat Karier dan Alumni STMIK Sinar Nusantara. Membuka acara seminar, Ketua STMIK Sinar Nusantara, Eny Rahma Zaenah, S.E., M.M., mengatakan bahwa bidang teknologi informasi mempunyai peluang kerja yang cukup besar. Dengan demikian, kolaborasi kampus dengan dunia industri menjadi visi bagi Sinar Nusantara untuk mengembangkan peluang besar ini. “Kekuatan link and match di industri akan menjadi laboratorium hidup yang sesungguhnya (bagi para mahasiswa). Selagi dalam proses belajar, mahasiswa harus dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ungkapnya dalam sambutan acara.

Bersinergi dengan Ketua STMIK, Manager Center of Excellence PT Tiga Serangkai Inti Corpora, Erfan Zaenuddin, yang menjadi keynote speaker dalam seminar menyampaikan bahwa kolaborasi dengan kampus selaras dengan komitmen dari dunia industri. Mahasiswa harus menyiapkan diri dan menambah skill untuk menangkap peluang dalam kolaborasi ini. “PT Tiga Serangkai sangat terbuka untuk program magang profesional serta program lainnya untuk pengembangan kompetensi mahasiswa untuk peluang kerja ke depannya,” kata Erfan. 

Seminar Karier ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Sub Koordinator Layanan Pencari Kerja Pusat Pasar Kerja Kementerian Tenaga Kerja RI, Rici Ronaldo; Ketua Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi Soloraya, Saprudin Hamdani; dan Chief Technology Officer Maxy Academy, Andy Febrico Bintoro. Seminar dipandu dosen STMIK Sinar Nusantara, Tri Irawati, S.E., M.Si., sebagai moderator. 

Rici Ronaldo dalam materinya menyampaikan peluang kerja dalam hingga luar negeri sangat terbuka lebar. Hal ini pun harus disambut dengan strategi dalam memaksimalkan diri untuk menangkap peluang besar tersebut. Sebuah aplikasi siap kerja telah disiapkan oleh Kemenaker RI untuk membantu para lulusan untuk memperbarui curriculum vitae (CV) dalam melamar kerja yaitu CV ATSFormat.

Pemateri selanjutnya, Saprudin Hamdani, menjelaskan peluang kerja di luar negeri sangat menarik karena menjanjikan profesionalisme dan sistem yang lebih mapan. Strategi yang harus dimiliki adalah bekal yang matang berupa skill dari peminatan atas peluang-peluang yang ada. Pemateri dari Maxy Academy yang merupakan mitra magang industri mahasiswa STMIK Sinar Nusantara, Andy Febrico Bintoro, memberikan informasi tentang pentingnya penguasaan teknologi bagi mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan. Proses magang dapat menjadi salah satu sarana pembelajaran yang potensial bagi mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu untuk persiapan menghadapi dunia kerja(Humas and Marcomm STMIK Sinar Nusantara Surakarta)

(