“MASA PENGENALAN KAMPUS MAHASISWA BARU BERLANJUT DALAM SOCIAL TRAINING CAMP (STC) “


Surakarta, 20 September 2023 – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau PKKMB merupakan kegiatan wajib bagi semua Mahasiswa Baru untuk mengenal lingkungan kampus masing-masing. Setelah diadakannya PKKMB di dalam kampus, STMIK Sinar Nusantara mengadakan Social Training Camp (STC). Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa - Kamis, 12 - 14 September 2023 di Bumi Perkemahan Al-Amin, Ngargoyoso, Karanganyar ini diikuti semua peserta Mahasiswa Baru. Hari pertama peserta mengikuti kegiatan Materi I mengenai Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan yang dipimpin oleh Bapak TNI dari Koramil 09 Ngargoyoso. Materi II tentang Kemahasiswaan yang disampaikan oleh Bapak Sapto Nugroho, S.Kom dan Bapak Paulus Harsadi S.Kom., M.Kom.

Acara dilanjutkan penjelajahan di sekitar Desa Berjo Kabupaten Karanganyar disertai games/permainan dari UKM. Materi ketiga yang di isi secara bergantian oleh masing-masing UKM STMIK Sinar Nusantara. Pada jam ini pula ada 2 kelompok yang di beri tugas khusus untuk mengadakan kegiatan sosial berupa mengajar TPA di salah satu masjid di Desa Berjo, dan juga mengadakan seminar dengan audiens ibu-ibu PKK Desa Berjo.

Acara puncak yaitu upacara api unggun dan dilanjutkan dengan pentas seni dari tiap-tiap kelompok peserta. acara berlangsung meriah. Tidak hanya itu, kegiatan yang mempunyai kegiatan sosial ini juga melakukan kegiatan sosial yang beragam, seperti pembagian paket sembako, bercocok tanam, mengajar di SD 3 Berjo, bersih-bersih 4 masjid, jalan desa, jalan menuju makam dan gapura. Diacara penutupan, peserta mengikuti arahan panitia untuk membuat koreo berbentuk logo STC. Setelah itu dilanjutkan dengan upacara penutupan STC. (copyright by : Tim Marcomm STMIK Sinar Nusantara)