Salam Kampus 2022 via Daring dan Luring


Menyambut mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara Surakarta menggelar kegiatan Salam Kampus 2022.

Kali ini kegiatan diselenggarakan selama tiga hari secara daring (online) dan luring (offline). Kegiatan daring dilaksanakan pada hari Senin (5/9) dan Selasa (6/9), sedangkan kegiatan secara luring pada Rabu (7/9).

Salam Kampus 2022 dibuka secara langsung oleh Ketua STMIK SiNus, Kumaratih Sandradewi, S.P., S.E., M.Kom pada Senin pagi. Dalam sambutanya beliau menyampaiakann ucapan selamat datang kepada para mahasiswa baru. Beliau juga berpesan kepada mahasiwa untuk rajin mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sunguh dan rajin mencari informasi dari kampus dan dosen secara mandiri agar nantinya dapat lulus tepat waktu.

“Selain itu, ikutilah organisasi-organisasi yang ada di kampus, sebab banyak manfaat yang dapat diambil, “ ujar beliau. Ketua juga menyebutkan manfaat-manfaat dari berorganisasi yang akan didapat oleh mahasiswa dengan mengikuti organisasi di kampus, “Beberapa manfaat itu seperti, Anda terlatih dalam mengatur waktu, berdisiplin, kemampuan berkomunikasi dan relasi juga bertambah, yang mana itu semua sangat dibutuhkan dalam dunia kerja,” imbuhnya.


Kegiatan Salam Kampus merupakan agenda tahunan dari STMIK Sinar Nusantara (SiNus) yang bertujuan menyambut, memperkenalkan, dan mempersiapkan mahasiswa baru kepada dunia perkuliahan.

Acara dan materi-materi yang disajikan pada agenda kegiatan hari pertama (Senin) antara lain materi Mengenal STMIK Sinar Nusantara, materi Etika Mahasiswa, Kehidupan Berbangsa dan Kesadaran Bela Negara, materi Sistem Pendidikan, Pembelajaran di Perguruan Tinggi Era 4.0 dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, materi Bahaya Terorisme oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, dan materi Materi Bela Negara oleh Direktur Bela Negara, Ditjen Pothan, Kementerian Pertahanan.


Di hari kedua, Salam Kampus diisi dengan materi Kupas Tuntas Sarjana, materi Digital Preneur Motivation Vokasi, materi Berantas Penyalahgunaan Narkoba, materi Kupas Tuntas Vokasi, materi Digital Preneur Motivation Sarjana, dan materi Etika Bermedia Sosial oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sedangkan pada hari ketiga pelaksanaan Salam Kampus 2022, peserta diajak memahami materi mengenai Kemahasiswaan, materi Persiapan Perkuliahan Study Learning Center (SCL), materi Pembekalan Akademik, dan dipenghujung acara para peserta diperkenalkan pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di STMIK SiNus melalui acara Profil UKM.


Selama pelaksanaan Salam Kampus, acara berlangsung dengan lancar dan penuh antusias dari mahasiswa baru. Hal ini terlihat pada saat sesi Kuis, banyak mahasiswa yang memperhatikan penyampaian materi dengan seksama sehingga banyak yang berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dari moderator maupun narasumber. Para mahasiswa baru yang beruntung dan berhasil menjawab kuis tersebut berhak mendapatkan hadiah pulsa. (hum-SALKAM/Nv)


Gallery