Pengembangan Kurikulum MBKM, STMIK SiNus Hadirkan Stakeholder

Dalam rangka menyiapkan lulusan di bidang Teknik Informatika atau Information Technology (IT) yang unggul dan berkarakter yang mampu bersaing menghadapi tantangan dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, STMIK Sinar Nusantara (SiNus) menggelar agenda kegiatan yang bertajuk Focus Group Discussion (FGD) dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pengembangan kurikulum STMIK SiNus melibatkan dosen-dosen Program Studi (Prodi) dan stakeholder dari dunia industri. Melakukan link and macth dengan stakeholder dalam membangun kurikulum bertujuan untuk dapat menyiapkan kurikulum yang relevan untuk diterapkan.



FGD dan Lokakarya kali ini diselenggarakan pada Selasa, 22 Juni 2021, di Hotel Megaland Surakarta. Dibuka secara langsung oleh Ketua STMIK SiNus, Kumaratih Sandradewi, S.P., S.E., M.Kom. Dalam sambutannya, Ketua berpesan agar kurikulum Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Informatika dapat terbuka terhadap masukan-masukan yang diberikan sehingga dapat disusun dan disesuaikan dengan permintaan kebutuhan.

 

Hadir sebagai narasumber pertama adalah Yafie Miftah Imani, S.Kom., M.Eng dari PT. Skynosoft Portal Prima (Oorth).  Sebuah perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Kota Solo yang mengembangkan aplikasi sosial media komunitas. Yafie menyampaikan uraian materi mengenai Kebutuhan Hard Skill untuk Menyiapkan Lulusan IT yang Unggul dan Berkarakter.



Sedangkan narasumber yang kedua hadir secara online melalu media Zoom. Adalah Bertony, S.T., dari PT. Murfa Surya Mahardika, yaitu perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang konsultasi dalam hal perancangan, implementasi dan penyediaan kebutuhan di bidang Sistem Informasi dan Teknologi Informatika.

Dalam kesempatan tersebut Bertony memberikan materi tentang Kebutuhan Soft Skill untuk Menyiapkan Lulusan IT yang Unggul dan Berkarakter.


Acara ini secara keseluruhan dikhususkan pada Pengembangan Kurikulum MBKM jenjang pendidikan Sarjana (S1) yang ada di STMIK SiNus, yaitu Prodi Informatika dan Prodi Sistem Informasi. Selain mendapatkan masukan-masukan dari stakeholder, masukan yang konstruktif juga diperoleh dari alumni yang sudah bekerja di bidangnya masing-masing.



Selesai sesi uraian materi dari narasumber tamu, acara dilanjutkan dengan pemaparan Rancangan Kurikulum MBKM  yang disampaikan oleh Ketua Prodi Sistem Informasi, Bebas Widada, S.si, M.Kom., dan Ketua Prodi Informatika, Paulus Harsadi, S.Kom, M.Kom, untuk mendapatkan masukan dari peserta lokakarya. (hum/Nv)