1 Jam Seminar Online Metode Riset

Ruang lingkup penelitian di akademisi dibagi sesuai dengan jenjang pendidikan, jenjang S1 (sarjana) biasanya merupakan implementasi/pembuktian teori, jenjang S2 (magister) lebih mengembangkan teori sehingga muncul sebuah teori baru, sedangkan di jenjang S3 (doktoral) lingkup penelitiannya untuk untuk menemukan teori baru.

Hal tersebut dipaparkan oleh Didik Nugroho, M.Kom., Ketua P3M (Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat) di STMIK Sinar Nusantara, ketika didaulat sebagai narasumber seminar yang berjudul "1 Jam Seminar Online Metode Riset".

Seminar tersebut digelar secara online melalui media Zoom pada Jumat, 26 Juni 2020. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari agenda Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (SINASTIKA) 2020 yang diselenggarakan oleh STMIK Sinar Nusantara dalam rangka bakti sosial peduli dampak Covid-19.

Materi-materi yang disampaikan dalam seminar siang hari itu bertujuan untuk memotivasi, menambah wawasan, serta berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan dibidang penelitian. Didik memaparkan topik-topik antara lain Ruang Lingkup Riset, Kontribusi Riset (penelitian), Jenis-Jenis Penelitian, Pendekatan Penelitian, Langkah-langkah Metode Penelitian, Langkah-langkah Penelitian Riset dan Dasar.

Ulasan materi yang disajikan oleh Didik berhasil menarik perhatian para peserta yang terdiri dari kalangan akademisi, mahasiswa dan umum. Banyak dari para peserta seminar yang memberikan apresiasinya, dan tidak sedikit yang kemudian mengajukan pertanyaan dan konsultasi berkaitan dengan topik-topik yang telah dibahas.(hum/Nv)