Sukseskan Pemilu 2019, STMIK SiNus kirim 15 Mahasiswa untuk Bantu KPU Surakarta

Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara mengirimkan 15 orang mahasiswanya untuk membantu proses entry data di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta.

Sebelumnya, telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara STMIK Sinar Nusantara dengan KPU Surakarta untuk penugasan mahasiswa sebagai operator Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) Pemilu 2019.

Lebih lanjut, ke-15 mahasiswa STMIK SiNus yang telah terseleksi ini diberi pelatihan teknis dan pendampingan dari KPU agar mahasiswa mampu memahami tahapan kerja dalam entry data Situng.

Pada tahap selanjutnya para mahasiwa tersebut dilibatkan dalam uji coba aplikasi Situng secara nasional yang dilaksanakan di Hotel Swiss Belin Surakarta pada Rabu, 10 April 2019. Tujuannya agar para mahasiswa tersebut bisa mengetahui secara langsung proses entry data dalam Situng.

Ketua Jurusan Sistem Informasi STMIK SiNus, Bebas Widada, S.Si., M.Kom., terkait dengan diperbantukannya sejumlah mahasiswa STMIK SiNus ke KPU ini, menjelaskan bahwa secara teknis para mahasiswa yang ditunjuk bertugas membantu memasukan (entry) data hasil C1 ke aplikasi perhitungan Situng dan selama berlangsungnya masa entry data mahasiswa-mahasiswa tersebut bermalam di kantor KPU Surakarta, yaitu mulai tanggal 17 – 21 April 2019. (hum/Nv)