Lomba Da'i Muda Sinar Nusantara Ramadhan 1439 H

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus Liwa'ul Islam (LDK-LI) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara (SiNus)telah berhasil menyelenggarakan kegiatan tahunan Lomba Da'i Muda. Kegiatan berlangsung selama dua hari yaitu pada 19-20 Mei 2018, bertepatan dengan 3-4 Ramadhan 1439 H.

Lomba yang bertajuk Lomba Da'i Muda Sinar Nusantara Ramadhan 1439 H ini diselenggarakan di Mezzanine 3rd. Floor Transmart Carrefour Pabelan Sukoharjo. Acara dimulai pukul 09.00 WIB.  Dipandu oleh pembawa acara dari LDK-LI, yaitu Hasta Heriawan, Kholid, dan Neiska.

Bertemakan Kilau Ramadhan Penuh Berkah, lomba dibuka secara langsung oleh Pembantu Ketua III STMIK SiNus, Dr. Ir. Muhammad Hasbi, M.Kom. Dalam sambutannya, Muhammad Hasbi  menyatakan bahwa dengan pelaksanaan lomba da'i muda dapat mengembangkan dan menggali potensi generasi muda dalam bidang dakwah, serta memupuk ukuwah islamiyah.

Yekti Handayani, M.Pdi., selaku Ketua Panitia Pelaksana pada kesempatan sambutan juga menyampaikan bahwa tujuan diadakannya lomba da’i muda oleh UKM LDK-LI STMIK SiNus diantaranya adalah untuk meningkatkan kreativitas generasi muda khususnya santri atau pelajar dalam mengemukakan ilmu keagamaannya, selain itu juga untuk mendorong lahirnya Da'i daiyah di masa yang akan datang.

Lomba diikuti oleh total 40 orang peserta, terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan usia 13-18 tahun. Mereka merupakan pelajar dari SMP, SMK/ A dan sederajat yang ada di Solo Raya.

Bertindak sebagai juri adalah Ustadzah Yekti Handayani M.Pdi., Ustadz Yulianto, M.Ag., dan Ustad Firman. Ustadzah Yekti menilai aspek penampilan atau performance peserta, Ustadz Yulianto menilai isi atau materi yang ditampilkan peserta, serta Ustadz Firman menilai aspek kedisiplinan peserta.

Adapun peserta ada pula yang berasal dari SMP YKAB, yaitu Dinar Rahayu Ningtyas.  Begitu bersemangatnya Dinar dan tidak mau kalah dengan peserta yang lain. Dinar pun mengikuti lomba dengan penuh semangat dan percaya diri. Di sini menjadi salah satu pembelajaran bahwa keterbatasan fisik pun tidak menjadi penghalang untuk bisa berdakwah.

Acara lomba yang berlangsung selama dua hari ini berjalan cukup meriah, karena tidak hanya lomba Da'i saja tetapi juga lomba Supporter bagi sekolah yang mengirimkan muridnya untuk mengikuti lomba Da'i. Bahkan ada supporter yang membawa peralatan yang begitu banyak untuk bisa menyemangati temannya dan memeriahkan acara tersebut.

Acara hari pertama berakhir pukul 18.00 WIB setelah 20 orang peserta tampil dan dilanjutkan buka puasa dan shalat maghrib. Sedangkan hari kedua acara berakhir pukul 18.30 WIB.

Dari perlombaan ini menghasilkan pemenang sebagai berikut :

  • Jihan Ashilla dari SMA Negeri 5 Surakarta sebagai Juara Pertama
  • Hasan dari SMA Negeri 2 Surakarta sebagai Juara Kedua
  • Muhimmatun Nisak dari SMA Negeri 5 Surakarta sebagai Juara Ketiga

Para Juara tersebut masing-masing mendapatkan hadiah berupa Trophy/Piala,Uang pembinaan, dan bingkisan dari STMIK Sinar Nusantara dan Transmart.

Selan itu juga terdapat Juara untuk Kategori Pendukung (supporter) yaitu:

  • SMA Negeri Ngemplak sebagai Juara Pertama
  • SMK Negeri 5 Surakarta sebagai Juara Kedua
  • SMK Al Azhar Syifa Budi sebagai Juara Ketiga

para Juara Supporter ini masing-masing mendapat bingkisan dan souvenir.

Pada acara penutupan Yekti Handayani, ketua panitia pelaksana, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan segenap pendukung acara terutama STMIK SiNus, serta Transmart Carrefour Pabelan Sukoharjo. (hum/Ar/LDK-LI/-Ed.Nv)