Webinar Nasional SINASTIKA Peran IoT dalam Pembangunan Bangsa


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Sinar Nusantara (STMIK SiNus) menyelenggarakan Webinar Nasional SINASTIKA (Seminar Nasional Teknologi dan Informasi) 2022.

SINASTIKA 2022 ini memiliki judul “Peran Iot (Internet Of Things) Dalam Pembangunan Bangsa’’. Menghadirkan pembicara Ibu Yovita Kinanti Kumarahadi S.E, S.Kom , M.Kom, merupakan dosen dan Ketua Lembaga Penjamin Mutu STMIK SiNus,  dan Bapak Dedy Hermanto, S.Kom, M.TI, yaitu dosen sekaligus menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Multi Data Palembang. 

Acara Webinar ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 06 Agustus 2022 pukul 08.00  - 12.00 WIB secara online, dengan jumlah peserta yang menghadiri Webinar sejumlah 230 orang. Perserta terdiri dari mahasiswa, dosen dan umum.

Ketua STMIK Sinar Nusantara Ibu Kumaratih Sandradewi S.P, S.E, M.Kom., dalam sambutannya menyatakan terimakasih atas kesediaan dan kehadiran Bapak Dedy Hermanto dan Ibu Yovita Kinanti sebagai pembicara. Webinar Nasional ini diselenggarakan salah satunya dalam rangka silaturahmi dengan Universitas Multi Data Palembang dan bertujuan berbagi pengalaman dan ilmu tentang Teknologi khususnya Internet of Things.

Agenda acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan makalah dari pembicara pertama yaitu Ibu Yovita Kinanti. Acara ini dimoderatori oleh Bapak Didik Nugroho, S.Kom, M.Kom selaku Ketua Lembaga P3M (Penelitian, Pendidikan Pengabdian)

Dalam pemaparannya Ibu Yovita menerangkan tentang perkembangan teknologi yang awalnya manusia berinteraksi dengan sesama manusia dalam mencapai tujuan hidup dengan seiring perjalanan waktu mengalami perkembangan dan kemajuan sehingga manusia dalam mencapai tujuan hidupnya berinteraksi dengan sesama manusia yang diwakili oleh mesin atau robot. Perkembangan atau kemajuan teknologi tidak bisa dicegah dengan segala konsekuensinya yang harus dapat dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemanfaatan bagi manusia dan meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkannya.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi dari Bapak Dedy Hermanto. Dalam pemaparan tersebut diungkapkan bahwa Internet of Things adalah masa depan komunikasi jaringan yang menciptakan terjadinya hubungan komunikasi antar jaringan yang mana hal hal secara fisik dan non fisik bisa terlihat dan bisa dikomunikasikan melalui protokol yang membuat jarak jauh jadi terlihat dekat.

“Melalui Internet of Things ini antar dua benda bisa saling berkomunikasi dan bisa berjalan secara berkelanjutan”, ungkap Bapak Dedy yang kemudian memberi contoh sebuah mobil bisa dinyalakan dan dimatikan mesin beserta pendinginnya melalui dawai atau smartphone pemiliknya sebagai alat tambahan selain dari kunci.

Penyelenggaraan webinar ini merupakan puncak dari agenda tahunan STMIK SiNus yaitu SINASTIKA Expo 2022 yang rangkaiannya telah digelar mulai dari bulan April. Acara-acara yang telah dilangsungkan antara lain perlombaan atau kompetisi yang diselenggarakan dengan peserta siswa siswi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Indonesia. Diselenggarakan secara online dan offline.

Berikut daftar kompetisi dan pemenangnya:

LDK DAI MUDA 2022 dilaksanakan 18 April 2022 dengan jumlah 130 peserta

Juara 1,  Moh Balitaqi Yustafad dari SMA N Jenggawah Jember

Juara 2, Aas Asifa dari SMAN 10 Garut

Juara 3, Ismail Fadilah dari SMKN 1 Sungai Raya Pontianak

 

 

PMKK KOMPETISI DESAIN FLAYER ALKITAB dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2022- 11 Juni 2022 dengan jumlah 6 peserta

Juara 1, Ten Erlina Esther Winarko dari SMA Regina Pacis Surakarta

Juara 2, Olivia Christila dari SMA Regina Pacis Surakarta

Juara 3, Gabriel Michella Jesita Regine dari SMA Regina Pacis Surakarta

 

BEM ONLINE Accounting Competition 2022 dilaksanakan tanggal 25 April 2022 sampai 24 Juni 2022 dengan jumlah 23 peserta.

Juara 1, Thoriq Erza Wibowo dari SMKN 20 Jakarta

Juara 2, Chrisella dari SMA Ignatius Global School

Juara 3, Chrsann Evelyn Russela dari SMA Ignatius Global School

Harapan 1, Jovta Farica dari SMA Ignatius Global School

Harapan 2, Ismiatin dari SMKN 2 Nganjuk

Harapan 3, Ayesa Noviana Fitriani dari SMKN 1 Pogalan

 

CIT Kompetisi DESAIN UI/UX WEB 2022 dilaksanakan tanggal 11 April 2022  - 25 Juli 2022 dengan jumlah 3 tim.

Juara 1,  TIM SESERU MABAR dari SMK Raden Umar Said Kudus

Juara 2, TIM ESKASABA CREATIVE dari SMKN 1 Bangsri

 

KSR KOMPETISI LOMBA PRS PMR WIRA dilaksanakan tanggal 18 Juni 2022- 18 Juli 2022 dengan jumlah 17 peserta.

Juara 1,  Adinda Rahmadhani dari SMKN 2 Kota Magelang

Juara 2, Ahmad Irza Milady dari MAN 1 Jepara

Juara 3, Fernanda Aulia Agustina dari SMKN 2 Kota Magelang

Harapan 1, Cinta Dwi Rosalina dari SMAN 2 Situbondo

Harapan 2, Fitri Wulandari dari SMK IT SMART INFORMATIKA Surakarta

Harapan 3,  Shabrina Rizky Hamidah dari SMAN 1 Taruna Madani, Jawa Timur


(hum/Ar)


Gallery