STMIK SiNus – Poltek Siber dan Sandi Negara Gelar Workshop Keamanan Informasi


STMIK Sinar Nusantara (SiNus) Surakarta berkolaborasi dengan Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) Bogor menggelar acara workshop dalam rangka pengabdian kepada masyarakat bertema keamanan informasi pada hari ini, Sabtu, 25 September 2021.

Workshop ini bertajuk “Teknik dan Taktik Keamanan Sistem Informasi”, menghadirkan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Poltek SSN, Dr. Amiruddin, S.Kom., M.T.I, sebagai keynote speaker, Dimas Febrian Priambodo, M.Cs sebagai Pemateri I dan Jeckson Sidabutar, M.Kom., sebagai Pemateri II.

Dalam sesi sambutan, Pembantu Ketua (Puket) III Bidang Kemahasiswaan STMIK SiNus, Dr. Ir. Muhammad Hasbi, M.Kom, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama penyelenggaraan acara yang sangat bermanfaat ini.


Hal yang senada juga diutarakan oleh Muhammad Yusuf Bambang Setiadji, S.ST., M.Kom. selaku Ketua Program Studi Rekayasa Keamanan Siber Poltek SSN. Dalam sambutannya, Yusuf mewakili Obrina Candra Briliyant, S.Kom., M.T (Ketua Jurusan Keamanan Siber Poltek SSN) berterimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan STMIK SiNus untuk berkerjasama dalam menyelenggarakan workshop ini, “Kami sangat berterimakasih atas kerjasama penyelenggaraan workshop ini, dan saya mewakili Bapak Obrina Candra Briliyant menyampaikan permintaan maaf karena tidak dapat hadir untuk melakukan opening speech pada acara hari ini”.



Muhammad Yusuf dalam kesempatan tersebut juga menyebutkan bahwa peserta workshop nanti akan diberi waktu satu bulan kedepan untuk asistensi yang berkaitan dengan Teknik dan Taktik Keamanan Sistem Informasi. Selanjutnya Muhammad Yusuf secara simbolis menyerahkan sertifikat kerjasama antara Poltek SSN dengan STMIK SiNus kepada Puket III.

Workshop digelar secara online menggunakan media Zoom dengan peserta lebih dari 100 orang peserta. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Pada sesi pertama materi diisi oleh keynote speaker, Dr. Amiruddin, S,Kom., M.T.I dengan topik materi Keamanan Informasi, dan dilanjutkan oleh pemateri I, Dimas Febrian Priambodo, M.Cs yang mengusung topik Overview teknologi pengambil informasi. Materi kedua mengenai Social Engineering dikupas secara rinci oleh narasumber, Jeckson Sidabutar, M.Kom.

Pada sesi kedua, panitia workshop mengetengahkan live demonstration yang dipraktekkan oleh taruna-taruna Poltek SSN dengan topik Sensitive Data Exposure, Cross Site Scripting (XSS), SQL Injection dan Open-source intelligence (OSINT).(hum/Nv)


Gallery.