Workshop Sitasi dan Penulisan Ilmiah Menggunakan Mendeley

Dalam rangka peningkatan kompetensi dan mutu kelulusan mahasiswa, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Sinar Nusantara Surakarta (SiNus) menyelenggarakan Workshop Mendeley pada Jumat - Sabtu, 10 - 11 Mei 2019 yang lalu.

Bertempat di Ruang C.3 STMIK Sinar Nusantara. Workshop ini diikuti oleh 177 peserta, yang terdiri dari mahasiswa tahun masuk 2016 yang mengambil mata kuliah Riset Teknologi Informatika (RTI) dan beberapa peserta tambahan, yakni mahasiswa dari perguruan tinggi lain dan juga mahasiswa mahasiswa STMIK Sinar Nusantara lainnya.

Mendeley adalah aplikasi berbasiskan desktop dan web yang digunakan untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, menemukan data penelitian dan berkolaborasi secara online. Workshop Mendeley sendiri merupakan agenda tahunan STMIK Sinar Nusantara yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa dalam menggunakanaplikasi mendeley dalam pembuatan Skripsi atau Tugas Akhir.

Pada workshop kali ini, panitia mengundang pembicara Teguh Susyanto, S.Kom, M.Cs dan Paulus Harsadi, S.Kom, M.Kom yang merupakan dosen di STMIK Sinar Nusantara. Pada kesempatan kali ini pembicara memaparkan bahwasanya penggunaan aplikasi mendeley akan sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa tingkat akhir dalam mengelola referensi dan data penelitian. Dalam workshop ini peserta diharuskan membawa laptop masing-masing untuk praktik pembuatan akun Mendeley dan beberapa tutorial penggunaan mendeley.

Diharapkan setelah mengikuti workshop, peserta mampu mempelajari dan menerapkan fungsi aplikasi mendeley untuk mengolah sistem informasi agar lebih bermanfaat dan bernilai positif bagi mereka dan masyarakat pada umumnya.(hum/Ar)