Kunjungan Industri 2024: Belajar dari Industri untuk Tingkatkan Kompetensi Diri

Kegiatan rutin setiap semester di STMIK Sinar Nusantara, Kunjungan Industri, kembali digelar pada tahun 2024 ini. Diselenggarakan oleh Bagian Kemahasiswaan dan Program Studi, kegiatan Kunjungan Industri 2024 diikuti 216 mahasiswa dari seluruh prodi di STMIK Sinar Nusantara. Kegiatan yang bertujuan untuk mendukung pengetahuan mahasiswa tentang dunia industri ini diselenggarakan di beberapa tujuan studi di wilayah Bali, pada 3 - 7 Februari 2024.

Dengan tema “Reinforce Your Competence Pursue Your Dreams”, kegiatan Kunjungan Industri 2024 mengambil empat lokasi industri, yakni Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Bali Orange Communication, dan Pusat Oleh-oleh Dewata. Pemilihan lokasi ini merepresentasikan beberapa sektor industri, yaitu industri yang dikelola oleh pemerintah dan swasta yang bergerak di dunia industri kreatif

.

STMIK Sinar Nusantara terus memprioritaskan pengalaman praktis sebagai bagian integral dari program pembelajaran mahasiswa. Dalam kunjungan ini, para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berharga dalam melihat operasi sehari-hari industri secara langsung. Mereka didampingi oleh 10 dosen yang membimbing selama kunjungan. Fokus utama program ini adalah memberikan pemahaman praktis tentang berbagai aspek industri, mulai dari manufaktur hingga layanan.

Ketua Panitia Kunjungan Industri 2024, Hendro Wijayanto, S.Kom., M.Kom., menjelaskan pemilihan lokasi kunjungan di Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan Provinsi Bali memberikan pengetahuan tentang pengelolaan industri pariwisata di Bali serta dukungan infrastruktur yang mendukung pariwisata dan ekonomi. “Di Bali Orange Communication dan Pusat Oleh-oleh Dewata, mahasiswa melihat langsung proses produksi dan manajemen operasi di industri, berbasis industri kreatif dalam mendukung ekonomi lokal,” jelas Hendro.

.

“Para profesional industri di Bali ini memberikan wawasan praktis yang mendalam tentang tren industri saat ini serta peluang karir yang diciptakan di bidang terkait,” tambahnya. Pihak kampus meyakini bahwa pengalaman ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan pribadi dan profesional para peserta.

                Di sisi lain, Industry Collaboration merupakan salah satu spirit pengembangan dari STMIK Sinar Nusantara saat ini. Industry Collaboration memberikan pengalaman belajar yang lebih bagi siswa dalam bentuk project-project karya yang berbasis industri, terutama di Tiga Serangkai Pustaka Mandiri yang menjadi teaching factory STMIK Sinar Nusantara.