Tingkatkan Skill Kepemimpinan Pengurus Ormawa, BEM STMIK Sinar Nusantara Selenggarakan LKMM TD

Sebagai langkah pengembangan keterampilan dan persiapan kaderisasi pengurus organisasi mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Sinar Nusantara melaksanakan kegiatan Latihan Keterampilan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM TD) bagi seluruh pengurus organisasi kemahasiswaan di kampus tersebut. Dengan tema Building Leadership Integrity in The Frame of Youth, kegiatan ini sukses dilaksanakan pada 24 hingga 26 Januari 2024 di Rumah Revolusi Mental WCS, Karanganyar. 

Diikuti sebanyak 55 peserta dari 9 ormawa di STMIK Sinar Nusantara, LKMM TD terlaksana dengan beragam kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kolaborasi tim, serta penyelesaian masalah. Para peserta diajak untuk terlibat dalam berbagai simulasi, permainan peran, dan diskusi kelompok yang menginspirasi, yang dipandu oleh dosen pemateri dalam bidang kepemimpinan. LKMM TD adalah salah satu dari berbagai program pengembangan kepemimpinan yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh STMIK Sinar Nusantara sebagai bagian dari komitmen pihak kampus dalam mendukung pembentukan karakter dan kepemimpinan mahasiswa. 

BEM STMIK Sinar Nusantara mengundang beberapa dosen dan tenaga kependidikan untuk menjadi pembicara dalam LKMM TD. Materi Perumusan Gagasan Awal disampaikan oleh Prihanto, S.Pd. M.Si., Penjabaran Rencana Kerja dan Kepanitiaan disampaikan oleh Bambang Satrio Nugroho, S.E., M.M., Pengembangan Program Kerja dan Rencana Pengembangan Organisasi disampaikan oleh Paulus Harsadi, S.Kom., M.Kom., Pengendalian Motivasi dan Berpikir Kritis Kreatif Inovatif dalam Berorganisasi disampaikan oleh Sapto Nugroho, S.T., dan Tata Kelola Administrasi disampaikan oleh Ema Yuliani Utami, S.I.Kom.

Tak hanya mendapatkan materi dari pembicara, para mahasiswa yang menjadi peserta dalam kegiatan ini juga membuat rancangan produk-produk kerja dari masing-masing materi sesuai dengan ormawa yang dinaungi. Salah satu momen puncak dari acara ini adalah sesi rapat koordinasi ormawa untuk peran kepemimpinan di lingkungan kampus. Melalui proses yang transparan, sejumlah mahasiswa diminta untuk mengemban tanggung jawab kepemimpinan di berbagai organisasi dan komunitas mahasiswa. Hal ini diharapkan dapat memperkuat struktur kepemimpinan kampus dan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk berkembang dalam peran kepemimpinan.

Ketua Panitia LKMM TD, Tho’il Daffa Abyan, mengatakan semangat dan dedikasi para peserta perwakilan Ormawa sangat terlihat dalam mengikuti kegiatan LKMM TD. “Melalui LKMM TD, kami berharap dapat membantu mempersiapkan pemimpin baru yang siap meningkatkan kualitas Ormawa dan memberikan dampak positif bagi kampus," lanjutnya.