Mahasiswa Baru STMIK SiNus ikuti Salam Kampus 2023

Kegiatan Salam Kampus merupakan kegiatan orientasi mahasiswa yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Pendidikan Tinggi, yang pada dasarnya untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru, baik berkenaan dengan sejarah kampus, lembaga-lembaga yang ada di kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, cara pembelajaran yang efektif di perguruan tinggi, para pimpinan universitas, fakultas dan dosen, dan lain-lainnya.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara Surakarta saat ini tengah menyelenggarakan Salam Kampus bagi Mahasiswa Baru (Maru) Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 4 sampai dengan 6 September 2023.

Upacara pembukaan dilakukan secara luring dan daring. Upacara luring dihadiri oleh jajaran Pimpinan STMIK Sinar Nusantara (SiNus), panitia salam kampus, perwakilah mahasiswa baru, dan dosen STMIK SiNus.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Ketua STMIK SiNus Ibu Dra. Andriani Kusumaningrum, M.Kom., Akt. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang dan harapannya kepada Maru. “Kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan STMIK Sinar Nusantara. Semoga adik-adik mahasiswa baru dapat menimba ilmu di kampus SiNus dengan rasa bahagia dan nyaman, serta bisa menyelesaikan studi tepat waktu”, sambut Ketua.

Dengan mengusung tema The Journey of the Spirit, Let’s be Brave for the Future, materi hari pertama dan kedua disampaikan secara daring melalui media Zoom. Dengan materi antara lain adalah Mengenal STMIK SiNUs, materi mengenai Etika Mahasiswa, Kehidupan Berbangsa dan Kesadaran Bela Negara.

Materi Sistem Pendidikan, Pembelajaran di Perguruan Tinggi Era 4.0 dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta materi mengenai Bahaya Terorisme yang disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.


Pada hari kedua, mahasiswa baru disuguhi dengan beberapa materi diantaranya adalah materi tentang Kupas Tuntas Sarjana dan Vokasi, Digital Preneur Motivation Sarjana dan Vokasi, Berantas Penyalagunaan Narkoba,  serta materi tentang Etika Bermedia Sosial oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Sedangkan untuk hari ketiga penyelenggaraan Salam Kampus 2023 dilaksanakan secara luring di Kampus STMIK SiNus. Dengan materi seputar kegiatan kemahasiswaan antara lain materi perihal SKPI,

SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi yang berisi rekam jejak mahasiswa ketika menjalani perkuliahan dan menjadi dokumen pendukung semua prestasi dan sertifikasi yang dicantumkan di curriculum vitae (CV).

Kemudian ada pula materi tentang Pekan Olahraga Mahasiswa (POM), Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik).

Selain itu mahasiswa baru juga mendapatkan materi mengenai Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Persiapan Perkuliahan Study Learning Center (SCL).

Pada hari ketiga pelaksanaan Salam Kampus 2023, maru juga mendapatkan wawasan mengenai kurikulum di STMIK SiNar Nusantara melalui agenda Pembekalan Akademik, serta wawasan mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). (hum-salpus2023/Nv)