STMIK SiNus Selenggarakan Salam Kampus 2021


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara Surakarta menyelenggarakan Salam Kampus yang berlangsung tanggal 6-8 September 2021 di Kampus STMIK Sinar Nusantara (SiNus). Acara ini diselenggarakan untuk pengenalan tentang STMIK SINUS kepada Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022.

Dikuti oleh 133 mahasiswa baru, acara ini dilakukan secara Online. Hal ini dilakukan karena mulai tanggal 16 Maret 2020 sampai sekarang Indonesia dan seluruh Negara di dunia mengalami pandemi Covid-19. Dalam rangka mencegah penularan yang disebabkan virus Covid-19 seluruh Negara di dunia melakukan pembatasan kegiatan masyarakat, termasuk didalamnya pendidikan. Berdasarkan hal tersebut kegiatan pendidikan yang berupa perkuliahan tatap muka ditiadakan sementara dan diganti perkuliahan atau pertemuan secara online atau virtual.

Upacara pembukaan dilakukan secara offline dan online. Upacara offline dihadiri oleh jajaran Pimpinan STMIK Sinar Nusantara, panitia salam kampus dan dosen STMIK SiNus.

Kegiatan Salam Kampus merupakan kegiatan orientasi mahasiswa yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Pendidikan Tinggi, yang pada dasarnya untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru, baik berkenaan dengan sejarah kampus, lembaga-lembaga yang ada di kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, cara pembelajaran yang efektif di perguruan tinggi, para pimpinan universitas, fakultas dan dosen, dan lain-lainnya.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Ketua STMIK SiNus Ibu Kumaratih Sandradewi, S.P, S.E., M,Kom. Dalam sambutannya Ibu Kumaratih mengungkapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh mahasiswa baru beserta orangtuanya kepada STMIK SiNus sebagai tempat menuntut ilmu.

Dijelaskan oleh Ketua bahwa menuntut ilmu di STMIK SiNus dilakukan selama empat (4) tahun untuk program studi strata satu dan tiga (3) tahun untuk program studi diploma tiga. Lamanya menuntut ilmu tergantung dari mahasiswa, apabila mahasiswa serius menuntut ilmu dalam arti rajin mengikuti perkuliahan, ujian tengah semester hadir dan ujian akhir semester hadir minimal akan mendapatkan nilai C. Apabila kuliah tidak pernah hadir, ujian tengah semester hadir dan ujian akhir semester tidak hadir maka STMIK SiNus jangan disalahkan bila mahasiswa yang bersangkutan dapat nilai E dan tidak cepat lulus dan dapat dikatakan lama dalam menempuh studi.

“Semua tergantung dari kemauan dan kerajinan dari si Mahasiswa dalam menempuh kuliah di SiNus,” jelas Ketua. Pada kesempatan tersebut Ketua STMIK SiNus juga menyampaikan harapannya, “Dalam berkuliah di STMIK SiNus diharapkan mahasiswa bisa mengikuti kuliah secara mandiri. Selain itu dalam menempuh kuliah di STMIK SiNus diharapkan mahasiswa tidak hanya mementingkan akademik namun juga menambah soft skill berupa kemampuan dalam berorganisasi”.

Ibu Kumaratih juga mengharapkan ketika mahasiswa lulus tidak hanya memiliki kemampuan akademik saja tetapi juga memiliki kemampuan dalam berorganisasi. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat memiliki semangat berwirausaha sehingga ketika lulus tidak hanya mengharapkan menjadi seorang pegawai atau karyawan tetapi juga menjadi seorang technopreneur yang bisa membuat lapangan pekerjaan baru.

Dengan mengusung tema Bersama Mahasiswa Tangguh Merdeka Belajar Bangkit Melawan Pandemi, materi hari pertama Salam Kampus 2021 antara lain adalah: pengenalan tentang sejarah STMIK SiNus, kemudian strategi dalam melakukan perkuliahan, etika perkuliahan, tata cara melakukan perkuliahan, pengurusan administrasi perkuliahan. Adapula materi tentang penyalahgunaan narkotika, materi tentang entrepreneur/kewirausahaan .

Sedangkan pada pelaksanaan Salam Kampus hari kedua meliputi materi tentang pengenalan lebih detail dari masing masing Program Studi dan diskusi tentang kewirausahaan terkait bidang informatika, materi tentang wawasan kebangsaan, dan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di STMIK Sinar Nusantara.


Di hari ketiga Salam Kampus panitia menyediakan materi tentang Etika Perkuliahan dan Wawasan Kebangsaan Bela Negara.

Dengan adanya Salam Kampus ini selain untuk memperkenalkan STMIK SiNus kepada mahasiswa baru, juga bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan sesama mahasiswa baru dan civitas akademika STMIK SiNus dan juga mahasiswa baru STMIK Sinar nusantara dengan lingkungan sekitar STMIK Sinar Nusantara.

Salam Kampus 2021 ini memiliki Agenda Salam Kampus 2021 dilaksanakan selama tiga hari. Pada setiap harinya dimulai pukul 08.00 WIB. Acaranya meliputi pengenalan kampus kepada para Mahasiswa Baru, baik itu sejarah kampus, strategi pembelajaran sampai dengan unit-unit yang berkaitan dengan perkuliahan dan kemahasiswaan.

Acara Salam Kampus dijadwalkan berakhir hari Rabu, tanggal 8 September 2021 pukul 16.00 WIB. (hum/Ari)