1 Jam Seminar Digital Image Processing

Dalam rangka untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang Pengolahan Citra Digital khususnya bagi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, STMIK Sinar Nusantara telah mengadakan seminar yang berjudul "Digital Image Processing Fundamentals" pada Jumat, 8 Mei 2020.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian seminar online yang dikemas dalam agenda tahunan STMIK Sinar Nusantara (SiNus) yakni Seminar Nasional Teknologi dan Informatika 2020 (SINASTIKA 2020).

Dilaksanakan dalam durasi 1 (satu) jam, dari jam 13.00 – 14.00 WIB, seminar ini menghadirkan pembicara Yustina Retno Wahyu Utami, S.T., M.Cs., dosen sekaligus peneliti di STMIK SiNus bidang keilmuan Pattern Recognition, dan Image Processing.

Selama seminar berlangsung Yustina membawa para peserta pada pemahaman mendasar tentang seluk beluk ilmu Digital Image Processing (Pengolahan Citra Digital). Materi-materinya antara lain mengenai pengertian citra, perbedaan citra analog dan citra digital, proses sampling, proses kuantisasi, dan implementasi Pengolahan Citra Digital.

Materi yang disajikan disambut dengan sangat antusias oleh para peserta. Terlihat saat sesi tanya-jawab dibuka, dari 50 orang peserta tidak sedikit dari mereka yang mengajukan pertanyaan seputar materi-materi yang telah disampaikan.

Selanjutnya untuk memudahkan peserta dalam pembelajaran, materi-materi yang telah disampaikan pada seminar Digital Image Processing Fundamentals ini dikemas dalam bentuk file yang kemudian dikirim ke alamat surel masing-masing peserta. Sedangkan rekaman dari seminar dapat dilihat melalui Youtube di channel STMIK SINAR NUSANTARA OFFICIAL.

Rangkaian kegiatan 1 Jam Seminar Online dalam agenda SINASTIKA 2020 berikutnya akan berlangsung pada Jumat, 15 Mei 2020, pukul 13.00 WIB dengan judul 1 Jam Seminar Online Analisis Runtun Waktu yang mengangkat topik Pemanfaatan Eviews. Dibuka untuk mahasiswa dan umum, calon peserta dapat mendaftarakan diri melalui link http://s.id/1Hour-Eviews.

Dengan kontribusi minimal Rp 10.000 setiap peserta seminar nantinya akan mendapat e-sertifikat dan secara otomatis telah ikut berpartisipasi dalam program Seminar Peduli Covid, dimana setiap donasi yang masuk akan disumbangkan bagi yang terdampak Covid-19. (hum/Nv)

Seminar yang akan datang