Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas dan Kemampuan Dosen, P3M STMIK SiNus Gelar Workshop

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara kembali menggelar kegiatan workshop penelitian pada Rabu, 4 Maret 2020, di kampus STMIK Sinar Nusantara.

"Workshop ini merupakan rangkaian dari rencana strategis (Renstra) STMIK Sinar Nusantara dalam rangka peningkatan kemampuan peneliti", kata Ketua P3M STMIK Sinar Nusantara (SiNus), Didik Nugroho, M.Kom. Disebutkan pula oleh Didik bahwa ada beberapa program dari Renstra yang berkaitan dengan penelitian, diantaranya adalah program peningkatan kapasitas kelembagaan dan penelitian, program evaluasi prosedur penelitian, dan program peningkatan kemampuan peneliti.

Mengambil judul Workshop Peningkatan Kapasitas dan Kemampuan Dosen dalam Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua STMIK SiNus, Kumaratih Sandradewi, M.Kom. Dalam sambutannya Kumaratih menaruh harapannya pada 32 orang peserta workshop yang semuanya merupakan dosen pengajar di STMIK SiNus, "Dengan adanya workshop ini saya berharap Bapak dan Ibu dosen akan lebih terdorong untuk melakukan riset atau penelitian dan menuliskan hasil penelitiannya dalam bentuk publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi nasional dan  internasional".

Keseriusan tim P3M dalam melaksanakan kegiatan workshop ini terlihat dari dihadirkannya pakar-pakar informatika yang telah banyak menelurkan buku-buku bidang informatika dan komputer sebagai narasumber, yaitu Prof. Dr. Ema Utami, S.Si., M.Kom (Guru Besar bidang Ilmu Komputer Universitas AMIKOM Yogyakarta), Dr. Suwanto Raharjo, S.Si.,M.Kom (Dosen Jurusan Informatika, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta), dan Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom (Dosen Jurusan Informatika, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta).

Materi pertama dalam workshop ini diisi oleh Prof. Ema dengan judul "Filosofi dan Strategi Kolaborasi untuk Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Penelitian di Bidang Informatika". Menurut Prof Ema, penelitian yang baik adalah penelitian yang dikerjakan bukan seorang diri melainkan yang dikerjakan secara bersama-sama, berkolaborasi dan kompetensinya beragam. Selain itu Prof Ema juga menekankan perlunya pemahaman mengenai beberapa hal, yaitu mengenai liberal arts, research, budaya literasi, berpikir kritis, dan orisinalitas penelitian.

Pemateri kedua dalam workshop ini adalah Dr. Suwanto Raharjo, S.Si.,M.Kom., membawakan materi berjudul “Filosofi Strategi Peningkatan Kualitas Publikasi di Bidang Informatika”. Sedangkan Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., hadir sebagai narasumber untuk materi ketiga yang berjudul “Strategi Peningkatan Luaran Penelitian dan PkM Dosen dan Mahasiswa”.

Dengan materi-materi yang disampaikan dalam workshop kali ini para peserta diharapkan akan lebih paham bahwa ada indikator yang harus dicapai terutama untuk menghasilkan luaran tambahan, melakukan riset/penelitian dan bahkan dapat melampaui hasil penelitian menjadi produk inovasi yang dapat dipasarkan kepada masyarakat.(hum-Nv)