Mengembangkan Potensi Diri untuk Ibu Pertiwi di STC 2019

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara menyelenggarakan Social Training Camp (STC) pada tanggal 7 - 9 September 2019 di Bumi Perkemahan Ki Ageng Srenggi Dawung Sambirejo Sragen.

Acara ini masih merupakan rangkaian dari kegiatan menyambut Mahasiswa Baru STMIK Sinar Nusantara (SiNus) Tahun Akademik 2019/2020. Acara ini diikuti oleh 136 mahasiswa baru yang terbagi dalam beberapa kelompok.

Social Training Camp 2019 ini mengusung tema “Mengembangkan Potensi Diri untuk Ibu Pertiwi”. Social Training Camp (STC) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan setelah agenda Salam Kampus dan wajib diikuti oleh mahasiswa baru STMIK Sinus. Berbeda dengan kegiatan Salam Kampus yang diadakan di lingkungan kampus STMIK Sinus, kegiatan STC biasa digelar di area perkemahan.

Sebelum bertolak menuju bumi perkemahan, Sabtu pagi pukul 08.00 WIB diadakan  upacara pelepasan rombongan. Hadir sebagai pembina upacara, Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Muhammad Hasbi, M.Kom. 

Di depan para peserta STC, Muhammad Hasbi berkata, “Di STC ini kalian nanti akan mendapatkan pengalaman untuk membentuk karakter mahasiswa yang mandiri, disiplin, bisa bekerjasama dengan tim, serta peduli terhadap sesama,” kata Muhammad Hasbi dalam sambutannya.

Muhammad Hasbi dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan harapannya, “Semoga dengan adanya STC ini dapat bermanfaat sebagai bekal kalian untuk memulai kehidupan sebagai generasi mahasiswa yang unggul yang selalu mengembangkan potensi diri untuk Ibu Pertiwi.”  

Acara-acara yang diadakan pada STC 2019 berupa kegiatan yang bertujuan pada pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan yang berdasarkan Pancasila. Kegiatan tersebut antara lain untuk pengembangan bakat dan minat, melatih kemandirian, kepedulian social, kerjasama tim serta jiwa kepemimpinan melalui Latihan Kepemimpinan dan Baris Berbaris dengan Koramil Sambirejo Sragen. Beberapa bentuk kegiatan lainnya berupa Game Interaktif, Ceria TPA dan Penyuluhan Teknologi Informasi kepada Siswa SD N Dawung Sambirejo. Adapula kegiatan Bazar Sembako serta Pembagian Sembako Gratis.

Acara Social Training Campus  berakhir pukul 11.00 hari senin tanggal 9 September 2019. Ditutup oleh Pembina Kegiatan Kemahasiswaan STMIK SiNus Sapto Nugroho, SKom., dimana dalam upacara penutupan STC 2019 Sapto member ucapan selamat kepada semua peserta yang telah berhasil menyelesaikan acara Social Training Camp dan dengan berakhirnya kegiatan ini secara resmi mereka telah menjadi mahasiswa STMIK SiNus yang di hari selanjutnya akan memulai interaksi dengan semua civitas akademika STMIK SiNus. (hum/Ar. - Ed.Nv)