Pelepasan Mahasiswa KP Kelompok STMIK SiNus Tahun Akademik 2018/2019

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Sinar Nusantara (STMIK SiNus) menyelenggarakan Kerja Praktek. Kerja Praktek adalah Mata Kuliah yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa Strata 1 STMIK Sinar Nusantara. Maksud diberikan mata kuliah Kerja Praktek adalah sebagai sarana bagi para mahasiswa untuk dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama masa studi.

Di STMIK SiNus terdapat dua macam kegiatan Kerja Praktek, yaitu Program Kerja Praktek Individu dan Program Kerja Praktek Kelompok. Kerja Praktek (KP) Kelompok dilakukan secara berkelompok. KP Kelompok diadakan untuk mempersempit kemungkinan pengerjaan Kerja Praktek secara individu/mandiri yang tidak berjalan dengan baik karena masing masing mahasiswa berkonsentrasi melakukan Kerja Praktek hingga memakan waktu lama sampai dua semester atau  satu (1) tahun sehingga melupakan hal berikutnya berupa menyelesaikan skripsi sehingga berpotensi membuat masa studi menjadi lebih lama yang membuat mahasiswa mengalami kesulitan terkait dengan keuangan sehingga menambah jangka waktu studi yang membuat biaya perkuliahan semakin bertambah. 

Karenanya pihak STMIK Sinus mengambil inisiatif untuk melakukan penataan ulang Mata Kuliah Kerja Praktek dengan mengadakan Kerja Praktek dari secara individu menjadi Kerja Praktek secara berkelompok dengan masing-masing kelompok memiliki anggota lima orang. Pemilihan tempat Kerja Praktek ditentukan oleh STMIK Sinus yaitu ke institusi-institusi baik Institusi Pendidikan maupun Usaha Kecil Menengah

Kerja Praktek tahun akademik 2018/2019 kali ini berlokasi di SMA IT Nur Hidayah Kartasura Sukoharjo, SMA Kristen 1 Surakarta, STMIK Sinar Nusantara Surakarta, Kelurahan Pandeyan Boyolali, UMKM Roti Dampit Gatak, Sukoharjo, SMK Muhammadiyah 1 Surakarta, UMKM Marnis Kue dan Snack Sindon, Ngerr, UMKM Mebel UD Wali Barokah, Kelurahan Kismoyoso Boyolali, MI Muhamadiyah Sukoharjo, UMKM Uni Batik, Yusaprint Studio, UMKM Batik Pirukun, Toserba Barokah Uamt Jumapolo, UMKM Olga Pernik Mangkunegaraan Surakarta, Dinas Koperasi Surakarta, dan PT Telkom Akses.  Kegiatan Kerja Praktek ini dilakukan dari tanggal 8 Juli sampai dengan 8 Agustus 2019. 

Kerja Praktek  dilakukan dalam rangka memberikan pengenalan dan pelajaran lebih dalam  kepada mahasiswa tentang dunia kerja dan memberikan pelajaran kepada mahasiswa bagaimana cara bekerja dengan berkelompok serta menguji daya tahan fisik dan mental dalam menghadapi beban kerja, serta memberikan wawasan lebih luas kepada mahasiswa tentang dunia kerja baik itu Industri, Lembaga Pendidikan serta Usaha Kecil dan Menengah .   

Pada Senin, 8 Juli 2019, STMIK SiNus melepas 65 orang Mahasiswa peserta Program KP Kelompok dan 25 dosen pendamping. Upacara pelepasan mahasiswa KP tersebut di dimulai pukul 09.30 Wib di lapangan parkir kampus STMIK SiNus. 

Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK SiNus, Wawan Laksito, S.Si, M.Kom., dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kerja Praktek dilakukan sebagai sarana untuk dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dari kuliah, mengembangkan nilai kerjasama dengan pihak sekolah  serta menguji daya tahan fisik dan mental dari mahasiswa ketika menghadapi beban pekerjaan dan kepatuhan mahasiswa dalam mengikuti disiplin kerja di masing-masing institusi, menguji kekompakan mahasiswa dalam tugas kelompok, menjaga nama baik almamater, selain mempraktekan ilmu yang didapat dari perkuliahan juga mengasah psikomotorik atau keterampilan dari masing masing mahasiswa.(hum/Ar)