Bimtek Komputer Pengelola Perpustakaan Kota Surakarta

Lembaga Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar mengadakan kegiatan yang bertajuk Bimbingan Teknis Komputer Bagi Pengelola Perpustakaan Kota Surakarta.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka menjalin dan melaksanakan kerjasama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, dan dengan instansi terkait baik pemerintah, maupun swasta atas dasar kemitraan dan saling menguntungkan.

Dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Komputer, LP3M STMIK Sinar Nusantara (SiNus) kali ini bersinergi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta. Pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang 1 dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 Oktober 2018. Sedangkan Gelombang 2 dilaksanakan pada 23 – 25 Oktober 2018.

Masing-masing gelombang diikuti oleh 25 orang peserta yang merupakan pengelola perpustakaan dari beberapa perpustakaan yang berada di Kota Surakarta, terdiri dari Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Kampung, Perpustakaan Tempat Ibadah, dan Perpustakaan Masyarakat.

Acara pembukaan Bimtek Komputer Gelombang 1 dilakukan pada Selasa, 2 Oktober 2018, bertempat di Laboratorium Komputer STMIK SiNus. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta, Drs. Mufti Raharjo, M.M.

Dalam sambutannya Mufti mengatakan bahwa Perpustakaan mempunyai peran sangat penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. “Pengelolaan secara profesional sangat dibutuhkan terlebih di era digital seperti sekarang ini,” kata Mufti. “Maka dari itu pemerintah dalam hal ini pemerintah Kota Surakarta memberikan fasilitas bagi pengelola perpustakaan untuk sekolah atau mengikuti bimbingan teknis komputer. Sedangkan untuk materi-materinya, serahkan pada ahli-ahlinya, yaitu beliau-beliau ini, bapak dan ibu dari STMIK Sinar Nusantara,” lanjut Mufti sembari mengangguk dan tersenyum kepada tim LP3M STMIK SiNus.

Dalam kesempatan yang berbeda, Tri Irawati, SE., M.Si., selaku Koordinator Pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa tujuan khusus dari diadakannya kegiatan Bimtek Komputer bagi pengelola perpustakaan ini adalah untuk pendampingan penggunaan komputer, terutama penggunaan aplikasi perkantoran dalam menunjang pelaksanaan kerja. (hum/Nv)

Gallery