Melalui STC 2018, STMIK SiNus Bina Karakter Maba

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Sinar Nusantara (STMIK SiNus) menyelenggarakan Social Training Camp (STC) 2018. Kegiatan ini sebagai kelanjutan dari acara Salam Kampus yang telah dilaksanakan pada 4-5 September 2018 yang lalu.

Diadakan dalam rangka menyambut Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Ajaran 2018/2019, STC ini  berlangsung tanggal 8-10 September 2018 di Bumi Perkemahan Sokoliman, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 164 orang mahasiswa baru yang terbagi dalam 15 kelompok. Berbeda dengan kegiatan Salam Kampus yang diadakan di lingkungan kampus STMIK SiNUS, kegiatan STC biasa digelar di area perkemahan.

Upacara pembukaan STC 2018 digelar di Lokasi Bumi Perkemahan Sokoliman pada pukul 13.30 WIB, dengan Pembina upacara Didik Nugroho, S.Kom, M.Kom., selaku perwakilan dari pimpinan STMIK SiNus.

Dalam sambutannya Didik Nugroho berpesan, “Sesuai dengan tema STC kali ini yaitu Mengukir Karakter Pada Almamater, para peserta hendaknya dapat memahami bahwa sesama anggota dalam kelompok dalam Social Training Camp kalian adalah teman sahabat dan keluarga dalam hal ini karakter kekeluargaan.”

Mengacu pada slogan STMIK SiNus yaitu Kreatif Inovatif Dedikatif, Didik berharap kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan kreatifitas mahasiswa demi terbentuknya karakter mahasiswa. Selain itu juga peserta diharapkan dapat menghormati, bertoleransi dan beradaptasi dengan lingkungan bumi perkemahan dan sekitarnya. “Semoga dengan adanya STC ini dapat bermanfaat sebagai bekal mahasiswa untuk memulai kehidupan sebagai generasi mahasiswa yang berkualitas dan unggul,” kata Didik. 

Acara-acara yang diadakan pada STC 2018 berupa kegiatan yang bertujuan pada pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan yang berdasarkan Pancasila, Kemandirian, semangat berkompetisi dan peduli pada sesama. Selain itu juga untuk pengembangan bakat dan minat, melatih jiwa kepemimpinan, kerjasama tim, kemandirian, dan kepedulian sosial. 

Beberapa bentuk kegiatannya  adalah Pelatihan dan Penyuluhan Teknologi Informasi kepada Pemuda sekitar Dusun Sokoliman dan anak anak Sekolah Dasar Negeri Sokoliman, Pembagian bantuan Sembako di RT. 16, RT. 17 , RT. 18 dan RT.  19 Dusun Sokoliman dan Pasar Murah di sekitar Lokasi Social Training Camp. (hum/Ar-Ed.Nv)