STMIK SiNus Tingkatkan Kompetensi Lulusan Dengan Program Kerja Praktek Tematik

Peserta KP Tematik 2018 dan Dosen Pembimbing

Kerja Praktek (KP) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi teknik Informatika jenjang Strata 1 STMIK Sinar Nusantara (SiNus). Tujuan dari mata kuliah KP adalah sebagai sarana bagi mahasiswa agar mampu belajar bekerja dan mampu mempraktikkan atau menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah dalam kasus yang ada dalam instansi atau perusahaan.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan, sejak Tahun Akademik 2016/2017 STMIK SiNus mengadakan Program Kerja Praktek Tematik bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah KP.

Baru-baru ini STMIK SiNus telah berhasil melaksanakan kembali Program KP Tematik Periode 13 – 31 Agustus 2018 dan diikuti oleh 76 orang mahasiswa, yang terbagi menjadi 15 kelompok.

“Program KP Tematik ini merupakan kegiatan KP yang menempatkan mahasiswa pada instansi, lembaga atau perusahaan yang bekerjasama dengan STMIK SiNus, dimana sifat pekerjaan dari KP tersebut sudah disepakati antara kedua belah pihak. Biasanya berupa pembuatan sistem informasi, media ajar, web profile, video profile, dan lain-lain” kata Didik Nugroho, M.Kom., selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika STMIK SiNus.

Menurut Didik, dalam program ini para mahasiswa yang menempuh mata kuliah KP dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian ditempatkan di instansi, lembaga atau perusahaan-perusahaan yang telah bekerjasama dengan STMIK SiNus sebagai tempat KP. Di tempat tersebut mahasiswa-mahasiswa bertindak seperti magang kerja. Sedangkan mengenai Dosen Pembimbing KP, Didik menuturkan bahwa setiap mahasiswa dibimbing oleh 1 orang Dosen Pembimbing.

Adapun tempat yang menjadi lokasi KP Tematik Periode 13 – 31 Agustus 2018 kali ini adalah

  1. SMA Negeri 1 Kartasura Sukoharjo
  2. SMA IT Nur Hidayah Kartasura Sukoharjo
  3. SMK Ksatrian Pabelan Sukoharjo
  4. SMK Harapan Kartasura Sukoharjo
  5. SMA Al-Firdaus
  6. SMK Negeri 5 Surakarta
  7. Masjid Al Huda Boyolali
  8. SMK Ganesha Tama Boyolali
  9. SMA Tahfidz Isy Karima/ Mahad Tahfidz Quran Isy Karima
  10. SMK Cokroaminoto Surakarta
  11. SMK Tekno-SA Surakarta
  12. SMA Batik 1 Surakarta
  13. MAN 1 Surakarta
  14. MAN 2 Karanganyar
  15. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta

Hasil dari kegiatan KP ini selanjutnya dipertanggungjawabkan dalam seminar yang dihadiri oleh pembimbing dan rekan-rekan mahasiswa lainnya. (hum/Ar/Nv)