P3M STMIK SiNus Tingkatkan Profesionalisme PNS melalui Pelatihan Komputer

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STMIK Sinar Nusantara (SiNus) tengah melaksanakan salah satu program kerjanya untuk tahun akademik 2017/2018, yaitu berupa kegiatan pelatihan sumber daya manusia dalam bidang komputer yang diarahkan pada penguasaan aplikasi komputer dalam dunia usaha.

Kegiatan pelatihan tersebut berjudul Pelatihan Komputer Tingkat Dasar Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Surakarta. Bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kota Surakarta, kegiatan dilaksanakan mulai Senin sampai dengan Kamis, 16 – 19 Juli 2018.

Mengenai tujuan dari penyelenggaraan pelatihan komputer tersebut, Didik Nugroho, M.Kom., selaku ketua pelaksana kegiatan, menuturkan bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas kemampuan SDM dalam bidang penguasaan teknologi komputer terutama dasar komputer”, tutur Didik.

Peserta pelatihan berasal dari PNS Pemerintah Kota Surakarta dengan jumlah 100 orang. Untuk memfasilitasi pelatihan tersebut STMIK SiNus menyediakan 4 Laboratorium Komputer sebagai tempat pelatihan, 15 orang narasumber yang merupakan dosen STMIK SiNus dengan kualifikasi pendidikan S1 dan S2, dan 23 orang mahasiswa sebagai asisten.

Sedangkan materi yang diajarkan meliputi Pengenalan Komputer dan Internet, Microsoft Office Word 2010, Microsoft Office Excel 2010 dan Microsoft Office Power Point 2010. “Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mendapatkan hasil dimana para peserta dapat mengoperasikan komputer, internet, dan memanfaatkan aplikasi Microsoft Office tingkat dasar untuk menunjang pekerjaan sehari-hari” kata Didik menyampaikan harapannya. (hum/Nv)

Gallery.