STMIK SiNus selenggarakan Seminar dan Kuliah Umum Implementasi ERP

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara menyelenggarakan Seminar dan Kuliah Umum Mata Kuliah Enterprises Resource Planing dan Analisa Perancangan Sistem Informasi yang berlangsung pada tanggal 9 Desember 2017.

Seminar dan Kuliah umum ini menghadirkan dua alumni STMIK Sinar Nusantara (SiNus) yaitu KRAP Eko Susanto, A.Md. Kom, S.H. (Software Development PT. Air Mancur) dan Ranto Sedjati, A.Md. Kom (Networking and Infrastructure PT. Air Mancur).

Dimulai pukul 09.00-12.30 WIB, acara seminar ini mengambil judul Implementasi Enteprises Resource Planning Untuk Menunjang Fungsi Bisnis .

Acara ini dihadiri pula oleh Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK SiNus,  Wawan Laksito YS, S,Si., M.Kom. Dalam sambutan pembuka, Wawan Laksito menyatakan bahwa perubahan yang terjadi di dunia merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi terutama Teknologi Informasi yang sudah sangat massif dan telah dirasakan oleh semua lini kehidupan manusia. Berdasarkan hal ini STMIK Sinar Nusantara sebagai Lembaga pendidikan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi memiliki tugas dalam mempelajari dan melakukan penyebaran tentang perkembangan Teknologi Informasi.

Menurut Wawan Laksito, dalam kurikulum Teknologi Informasi, mata kuliah Enterprises Resource Planing (ERP) adalah mata kuliah yang penting dalam proses mempelajari dan menjadi seorang sarjana Sistem Informasi. Hal ini karena melalui mata kuliah ERP mahasiswa mempelajari proses dalam menemukan sumber informasi dalam sebuah sistem informasi dan mengolahnya menjadi suatu sistem informasi yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi para pengguna sistem informasi. Selain itu dengan menghadirkan alumni sebagai narasumber dapat memberikan wawasan bagi para mahasiswa tentang potensi pekerjaan dari seorang sarjana Sistem Informasi.

Senada dengan Wawan Laksito, dosen pengampu mata kuliah ERP, Setiyowati, M.Kom., dalam sambutannya menyatakan bahwa urgensi dari pelaksanaan kuliah umum  ERP sebagai sosialisasi dari pelaksanaan/implementasi mata kuliah ERP ke dalam dunia kerja seorang sarjana Sistem Informasi, melalui sharing pengalaman dari para narasumber dalam melakukan tugasnya sebagai pengimplementasi atau pelaku Teknologi Informasi.

Dalam pelaksanaan kuliah umum ERP ini para narasumber menjelaskan bahwa tugas kerja yang berkaitan dengan Teknologi Informasi berupa perencanaan, analisa, desain, dan implementasi.

Eko Susanto A.Md. Kom, S.H., menjelaskan bahwa pengelolaan yang baik terhadap sumber daya yang terdapat dalam suatu perusahan akan menghasilkan output perusahaan yang efektif dan efisien sehingga memberikan nilai positif bagi perusahaan dan stake holder-nya. 

Selanjutnya, pada materi berikutnya yang disampaikan oleh Ranto Sedjati, AMd.Kom., dijelaskan bahwa dalam melakukan suatu proses terkait sistem informasi harus dapat melakukan perkiraan hasil proses, perkiraan sisa penggunaan, selanjutnya dapat melakukan analisa yang lebih tajam dan membuat perancangan yang lebih terukur.

“Dalam melakukan pekerjaan terkait membangun jaringan dan infrastruktur harus melakukan analisa terkait efisiensi penggunaan biaya dan juga berani melakukan percobaan dalam melakukan penerapan teori-teori yang didapat selama masa kuliah”, kata Ranto dihadapan para peserta.

Kuliah umum berlangsung di Gedung C Lantai 3 STMIK SiNus, dan diikuti oleh 150 mahasiswa ini berakhir pada pukul12.30 WIB. (hum/Ar-Ed.Nv)