STMIK SiNus Kembangkan Karakter MABA melalui STC

Dalam rangkaian penyambutan mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2017/2018, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara (SiNus) Surakarta menggelar agenda tahunan Social Training Camp 2017 pada 9-11 September 2017.

Social Training Camp (STC) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan setelah agenda Salam Kampus dan wajib diikuti oleh mahasiswa baru STMIK SiNus. Berbeda dengan kegiatan Salam Kampus yang diadakan di lingkungan kampus STMIK SiNus, kegiatan STC biasa digelar di area perkemahan.

Pada tahun ini STC diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kepurun, Klaten, Jawa Tengah. Upacara pembukaan dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Dr. Ir. Muhammad Hasbi, M.Kom., selaku Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan STMIK SiNus. STC 2017 diikuti sebanyak 160 peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok.

“Di STC ini kalian nanti akan mendapatkan pengalaman untuk membentuk karakter mahasiswa yang mandiri, disiplin, bisa bekerjasama dengan tim, serta peduli terhadap sesama,” kata Muhammad Hasbi dalam sambutannya.

Muhammad Hasbi dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan harapannya, “Semoga dengan adanya STC ini dapat bermanfaat sebagai bekal kalian untuk memulai kehidupan sebagai generasi mahasiswa yang unggul.”  

Acara-acara yang diadakan pada STC 2017 berupa kegiatan yang bertujuan pada pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan yang berdasarkan Pancasila. Kegiatan tersebut antara lain untuk pengembangan bakat dan minat, melatih jiwa kepemimpinan, kerjasama tim, kemandirian, dan kepedulian sosial.  Beberapa bentuk kegiatannya berupa Game Interaktif, Penyuluhan Teknologi Informasi Pemuda, Bazar Sembako dan Pembagian Sembako Gratis.

Pelaksanaan kegiatan ini selain melibatkan mahasiswa baru peserta STC juga melibatkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di STMIK SiNus, antara lain UKM Forum of Volunteer (Forvol), UKM Community of Information Technology (CIT), UKM Pecinta Alam (Pascal), dan UKM Lembaga Dakwah Kampus Liwa'ul Islam. (hum/Nv)

Gallery