Mahasiswa STMIK SiNus ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila di Balaikota

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Sinar Nusantara (STMIK SiNus) Surakarta menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Kamis (1/6/2017) di halaman Balaikota Surakarta. Dalam acara ini STMIK Sinar Nusantara diwakili oleh dua puluh empat (24) orang mahasiswa perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Upacara dimulai pukul 08.00 Wib. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy). Dalam sambutannya Rudy mengungkapkan rasa Terima Kasih atas anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga semua bangsa Indonesia dapat merayakan hari lahir Pancasila.

“Dengan Pancasila bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku bangsa, agama, budaya, bahasa dan adat istiadat dapat disatukan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia”, kata Rudy. Beliau juga menyebutkan tantangan yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia, “Tantangan ke depan adalah bagaimana bisa mempertahankan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia juga sebagai Pandangan Hidup bangsa Indonesia di tengah derasnya arus globalisasi”.

Selain hal itu Rudy juga menyebutkan tantangan dari banyaknya pihak internal bangsa Indonesia yang menghendaki digantinya Pancasila serta Pemahaman dan Tindakan Radikalisme yang melahirkan tindakan terror, serta yang paling utama adalah bagaimana mengimplementasikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya sekedar teori atau norma atau hukum yang dicita-citakan atau ius constitutum.

Di akhir sambutannya Rudy mengigatkan perlunya kerjasama, “Perlu kerjasama lebih massif antara seluruh komponen masyarakat, dalam rangka mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara dan sumber dari segala sumber hukum dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai perwujudan konkrit dari pancasila serta mencegah pemahaman radikalisme dan tindakan intoleransi di NKRI yang Bhineka Tunggal Ika”. (hum/Ar/Ed.Nv)