STMIK SiNus-NABU Research Academy Malaysia Selenggarakan International Conference

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Sinar Nusantara Surakarta bekerjasama dengan Nabu Research Academy, Selangor, Malaysia, menyelenggarakan International Conference on Technology Engineering and Social Sciences (ICTESS) 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi MoU antara kedua lembaga yang ditandatangani pada bulan Januari 2017 yang lalu di Seminyak, Bali.

ICTESS 2017 adalah forum diskusi dan interaksi antara akademisi, peneliti, dan profesional di bidang Teknik, Teknologi dan Ilmu Sosial Ekonomi. ICTESS 2017 menerbitkan makalah penelitian dan ulasan penelitian, serta materi tambahan seperti studi kasus, teknik Laporan, dan lain-lain.

Konferensi kali ini bertema “Share and Disseminate Knowledge of The Last Researches and Praktitioners’ experiences”, berlangsung di Lor Inn Solo Hotel selama dua hari, yaitu tanggal 23 – 24 Mei 2017.  Diikuti oleh para akademisi, peneliti dan profesional dari berbagai Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian dari  Belgia, Jepang,  Malaysia, dan Indonesia.

Ada 69 makalah yang akan dipresentasikan, yaitu 30 makalah bidang Teknik dan Teknologi, dan 39 makalah bidang Ilmu Sosial Ekonomi. STMIK Sinar Nusantara akan mempresentasikan  4 paper bidang Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang merupakan hasil penelitian dosen-dosen STMIK Sinar Nusantara.

Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Sinar Nusantara, Wawan Laksito YS, S.Si, M.Kom., menyebutkan, “Makalah yang dipresentasikan di ICTESS 2017 akan dipublikasikan dalam jurnal Based on Scopus Index, setelah setiap makalah ditinjau dan direvisi berdasarkan komentar reviewer (jika ada) yang dimodifikasi sesuai ulasannya.”

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diawali dengan welcome ceremony yang juga dihadiri oleh Ketua STMIK Sinar Nusantara, Kumaratih Sandradewi, SP, SE, M. Kom. , Direktur Nabu Research Academy, Dr. Mustafa Musa Jaber, dan Direktur Chase Research Academy Prof. Dr. Ir. Chairul Saleh, M.Sc.

Agenda acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan makalah dari pembicara utama (Keynote Speaker) yaitu Profesor Dr. Kamaruzzam Sopian dan Profesor Ir. Xavier Lurkin. Pada kesempatan ini Profesor Dr. Kamaruzzam Sopian yang merupakan Profesor Energi Terbarukan di Jurusan Teknik Mesin dan Material, Universiti Kebangsaan Malaysia, memaparkan makalah dengan judul The Use Of Nanofluids For Enhancing The Performance In Photovoltaic Thermal Systems. Sedangkan Profesor Ir. Xavier Lurkin, merupakan Profesor Keuangan di Ichec, Belgia dan di Burgundy School of Business, di Dijon, Prancis, memaparkan makalahnya yang berjudul New Trends In Creation And Financing Of University Spinoffs In The US And In Europe.

Setelah pemaparan dari kedua pembicara pembicara utama, agenda acara dilanjutkan dengan pemaparan makalah hasil riset para peneliti, dan akademisi. Pemaparan makalah hasil riset dilakukan dalam paralel sesion sesuai bidang ilmu.

Wawan Laksito menyatakan bahwa selain menjadi forum kajian hasil penelitian, kegiatan ini diharapkan menjadi media tukar pemikiran dan kerjasama antar Perguruan Tinggi yang mendorong kolaborasi penelitian antar lembaga penelitian dan Perguruan tinggi. (hum/Nv)