STMIK SiNus Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Buku Teks bagi Dosen

Setiap dosen memiliki kewajiban menulis karya ilmiah, termasuk menulis artikel ilmiah, menulis buku ilmiah, buku referensi, buku ajar, dan jenis karya tulis ilmiah yang lain. Bahkan artikel ilmiah merupakan tuntutan mutlak dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi oleh para dosen. Selain itu artikel ilmiah juga menjadi salah satu syarat penentu eksistensi (keberadaan) dosen.

Dalam rangka membudayakan penulisan karya ilmiah dosen, maka STMIK Sinar Nusantara (SiNus) menggelar pelatihan yang diberi judul “Workshop Pengembangan Kompetensi Dosen di Bidang Penulisan Artikel Ilmiah dan Buku Teks”. Workshop berlangsung di Lab 5 Laboratorium Komputer Kampus STMIK SiNus pada Selasa, 28 Februari 2017.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah dan penyusunan buku teks. Sebagai narasumber dalam workshop ini panitia pelaksana menghadirkan Tim dari penerbit Andi Yogyakarta untuk menyampaikan materi mengenai penulisan buku teks.

Sedangkan materi mengenai penulisan artikel ilmiah disampaikan oleh Teguh Susyanto, S.Kom, M.Cs., dan Yustina Retno Wahyu Utami, ST., M.Cs. Beberapa materi yang disampaikan antara lain, Struktur Penulisan, Plagiarisme, Mendeley, dan Google Scholar.

Ketua Pelaksana workshop, Didik Nugroho,M.Kom., menyebutkan bahwa peserta workshop adalah semua dosen pengajar di lingkungan STMIK SiNus. Didik berharap setelah mengikuti workshop ini para dosen akan lebih giat lagi dalam menerbitkan buku teks maupun karya ilmiah yang berkualitas.

Selesai pelaksanaan, salah satu dosen peserta,  Sri Harjanto, S.Kom., mengemukakan kesan-kesannya selama mengikuti workshop. “Sangat bermanfaat! Saya jadi lebih termotivasi setelah banyak mendapat tip dan trik menarik dalam penulisan karya ilmiah maupun penulisan buku di workshop kali ini” ungkapnya. (hum/Nv)